Kamis, 03 Februari 2011

Ziarah Iman bersama Para Kudus:3 Februari (Peringatan Wajib St. Blasius, Uskup dan Martir )

Blasius adalah Uskup Sebaste, di Armenia, Asia Kecil. Ia seorang gembala umat yang baik hati. Pada masa pemerintahan Kaisar Licinius ia ditangkap dan dipenjarakan (320-324). Semasa di penjara, ia berhasil mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan seorang anak yang hampir mati karena tak bisa bernapas. Uskup Blasius wafat dibunuh. Hingga sekarang Uskup Blasius masih dimohon pertolongannya untuk membebaskan kita dari penyakit tenggorok dan penyakit-penyakit lain.
Renungan:

Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. Ia-lah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin” (1 Petrus 5;10-11). Santo Petrus melihat penderitaan hidup ini dari sudut iman, yaitu sebagai konsekuensi logis bagi orang yang dipanggil dalam Kristus kepada kemuliaan hidup kekal. Kehidupan di dunia ini relatif pendek. St. Petrus menggunakan istilah, sesudah kamu menderita seketika lamanya.” St Blasius uskup meringkuk di penjara beberapa waktu lamanya. Tuhan tetap menyertainya. Di dalam penjara terjadi mujizat-mujizat. Di antaranya, ia menyelamatkan seorang anak dari ancaman maut karena tulang ikan berduri yang tersangkut di tenggorokannya dan menyebabkannya sulit benafas. Doa dan berkat St Blasius menyelamatkan anak itu dari bahaya maut. Kita pun punya kemampuan atau talenta masing-masing. Talenta itu harus digandakan bukan untuk sekedar dikubur di dalam tanah. Penggandaan talenta bersifat sosial atau berguna bagi orang lain. St Blasius melakukan hal itu. la menggandakan talenta keeil yang dikaruniakan Tuhan kepadanya untuk membantu banyak orang. Jika kita memakai talenta kita sekecil apapun, kita sudah membantu memperbaiki dunia.

Setiap tanggal 3 Pebruari umat beriman boleh menerima “Berkat Santo Blasius”. Berkat diberikan imam disertai doa: “Semoga berkat doa Santo Blasius, Uskup dan Martir, Allah  membebaskan Saudara dari penyakit tenggorokan dan penyakit-penyakit lain. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.”

sumber:www.indocell.net/yesaya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar