Senin, 28 Februari 2011

Ziarah Iman bersama Para Kudus:28 Februari

St. Antonia, Abbas

Santa Antonia adalah seorang ibu rumah tangga yang saleh. Sesudah suaminya meninggal dunia, Antonia berencana menjalani hidup bakti sebagai seorang biarawati. Dengan bantuan St Yohanes Kapistrano, ia mendirikan Biara Klaris di Firenze, Italia. Ia memimpin biara hingga akhir hayatnya pada tahun 1472.

 St. Hilarius, Paus

Hilarius berasal dari Sardinia. Ia melayani umat sebagai diakon. Di kemudian hari ia diutus sebagai wakil Paus Leo I (Agung) dalam sinode di Efesus yang membahas ajaran sesat Eutyches yang menyangkal kodrat manusia Kristus. Pada tanggal 19 November 461, ia diangkat sebagai paus ke-46 menggantikan Paus Leo Agung (440-461) yang wafat. Paus Hilarius mengawasi pembangunan beberapa gedung di Roma. Pada tanggal 19 November 462 memimpin sinode di Roma dan pada tanggal 19 November 465 mengadakan lagi sebuah sinode guna membicarakan pengangkatan dan kuasa yurisdiksi para uskup Spanyol. Paus Hilarius wafat pada tanggal 28 Februari 468 di Roma dimakamkan di Gereja Laurensius, Roma.
Renungan:

Salah satu tugas pokok dan utama Gereja adalah menjaga dan memelihara ajaran Wahyu ilahi agar utuh dan tak bercacat. Kebenaran abadi harus terjamin demi kemuliaan Tuhan, sumber segala kebenaran, demi keselamatan manusia. Paus Hilarius, sewaktu masih diakon, sebagai wakil Paus Leo I, diutus untuk membicarakan sanksi ekskomunikasi terhadap Eutyches, seorang penyebar ajaran sesat. Sebagai Paus, Hilarius juga mengurus pembangunan beberapa gedung di Roma. Salah satunya ialah Oratorium, dan dipersembahkan kepada Santo Yohanes Penginjil. Gereja menjamin: Orang benar akan hidup oleh iman” (Roma 1:17). Orang menjalani hidup berdasarkan keyakinan yang dipegangnya. Keyakinan merupakan lampu atau mercusuar yang menunjukkan arah, rambu-rambu yang bisa dilalui. Ya Allah Tuhan-ku, aku percaya akan semuanya yang telah Kau wahyukan dan Kau ajarkan dengan perantaraan Gereja Kudus.

sumber:http://www.indocell.net/yesaya/pustaka4/id149.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar